persiapan sebelum membuka usaha warnet game center






Sebagai seorang owner warnet dan game center yang sudah jalan 4 tahun
rasanya saya ingin berbagi pengetahuan yang sudah saya dapatkan selama
ini ketika berurusan dengan segala sesuatu tentang warnet dan game
online. Seperti halnya didaerah saya, warnet sekarang sudah menjamur
dimana-mana, mulai dari daerah kota sampai pinggiran kota. Akan tetapi
ketika beberapa tahun , bahkan hitungan bulan mulai satu persatu dari
mereka berguguran dan terpaksa tutup dengan berbagai alasan.




Ketika berencana membuka sebuah warnet, hendaknya kita harus
memperhatikan beberapa faktor yang akan saya jelaskan dengan detail
dibawah nanti agar tidak senasib dengan warnet-warnet yang gulung tikar
hanya dalam beberapa tahun dan bulan saja, atau senasib dengan
warnet-warnet yang hidup segan mati tak mau, alias diambang
kebangkrutan.



Berikut faktor-faktor yang saya maksud :



1. Apakah anda sanggup dan tahu ?



Maksud saya diatas adalah apakah anda sanggup menjadi owner warnet?
kalau anda tidak mengerti dengan komputer dan internet , kasarnya cara
shutdown komputer aja gak tau tapi pingin buka warnet? saya analogikan
kalau seorang yang gak tau apa-apa dengan mesin motor tapi pingin buka
bengkel, apa jadinya ?


Lain kasus jika anda tidak mengerti dengan komputer, tapi rencanannya
nanti menunjuk seorangan yang faham segala sesuatu tentang komputer
untuk membantu anda menghandle warnet, pilihan ini jauh lebih bagus.
Lebih bagus lagi kamu setidaknya mengerti sedikit dengan komputer dan
internet. Faktor ini yang paling fundamental, ketika berencana membuka
sebuah warnet, sebaiknya anda pikirkan matang-matang.



2. Budget/dana


Faktor ini cukup penting, mengingat pentingnya sokongan dana untuk
membuat sebuah warnet. Bingung dengan berapa dana yang anda butuhkan ?

jabarkan semua budget untuk keperluan dibawah ini:



- pembelian komputer & alat2 pendukung (modem,ups , stabilizer,dll)

- dana untuk box warnet , meja, kelengkapan warnet

- dana pemasangan internet ( speedy, atau isp lain )

- dana sewa bangunan/ruko

ketika anda sudah menghitung, semua apakah budget anda cukup ?

saran saya, anda boleh ragu untuk mengeluarkan dana lebih untuk hal yang
lain, tapi jangan ragu untuk mengeluarkan dana lebih untuk kenyamanan
user anda nanti, misal untuk komputer dan koneksi internet anda. Trust
me, ketika kamu menurunkan kualitas semua pc/koneksi karena dana, warnet
kamu ga akan tahan lama. Mending kurangi jumlah pc, dari pada
menurunkan kualitas spesifikasi pc warnet/game kamu.




3. Komputer yang cocok untuk warnet anda


Faktor lain yang tak kalah penting adalah memilih komputer untuk
warnet anda nanti. Komputer untuk browsing dan game center, jelas
berbeda.


* Jika anda ingin membuka warnet saja, komputer dengan pentium 4 dan ram
1gb, vga onboard, sepertinya sudah cukup. Saya sarankan untuk minimal
ram 1gb, ram 512 untuk semua program sekarang rasanya terlalu pas-pasan,
user kadang bete kalau pc loading cukup lama.


* Untuk pc game center, saya sarankan untuk menggunakan ram 2gb, dengan
vga . Spek ini merupakan yang paling minim untuk sebuah game center,
jika ingin user nyaman ketika bermain game, sepengalaman user game di
tempat saya, rata2 membuka lebih dari 1 client game ketika bermain.



* yang paling penting lagi adalah pemilihan power supply,
pengalaman saya jika menggunakan power supply bawaan casing ( power
supply abal-abal aka power supply murahan), akan sering sekali jebol .
apalagi ketika kita dapat pada jalur listik pln dengan tegangan tidak
stabil. Saya lebih memilih power supply yang bagus ( merk acbelt / power
muscle) , harga lebih mahal tapi tahan lebih lama dan juga tahan dengan
kondisi tegangan yang tidak stabil, jika memakai power supply biasa pc
akan restart ketika tegangan tidak stabil, tapi 2 psu ini akan sanggup
menahannya. Kalau sering pc restart sendiri karena tegangan, efeknya ke
windows ( sering crash) dan ke hard disk kamu.



*Opsi lain kalau tidak ingin membeli power supply yang bagus dan anda
berada dijalur tegangan pln yang tidak stabil adalah dengan menggunakan
stabilizer motor untuk masing-masing pc kamu ( bukan stabilizer abal
abal )




4. Koneksi/isp untuk warnet kamu


Ketika pc kamu sudah siap, sekarang saatnya memikirkan koneksi/isp
untuk warnet kamu. Sebelum memilih beberapa besar koneksi untuk warnet
kamu,  bandingkan dulu dengan jumlah pc untuk  warnet kamu.



- jumlah pc 10-20 : koneksi 2Mbps speedy sudah cukup , untuk diatas 15 pc disarankan dengan menggunakan proxy .




- jumlah pc 20-30 : koneksi 3Mbps speedy sudah cukup, ditambah dengan proxy .


- diatas 30 pc, bisa memakai 2 koneksi gabungan diatas .




untuk isp , speedy masih cukup bisa diandalkan karena memang cuma
satu-satunya di kota saya ( kota kecil ) , jika kamu ada dikota lain,
bisa bandingkan dengan isp lain dan jika ada yang lebih bagus silakan
pakai. Untuk game center yang lebih dari 20 pc, saya sarankan untuk
menggunakan isp dengan koneksi dalam negri ( IIX ) yang bagus , semacam
isp lintasarta.



5. manajemen bandwith internet


Manajemen bandwith sangat penting untuk saat ini, dengan manajemen
bandwith kita bisa membatasi koneksi untuk setiap pc, membatasi
download, upload , bisa membagi koneksi untuk game dan browsing . Apa
jadinya jika koneksi warnet kamu langsung loss modem, jika ada 1 user
download dengan idm, koneksi warnet kamu langsung super lemot dan
user-user lain mulai berteriak .. mas.. kok lag yahhh..



Manajemen bandwith kamu dengan mikrotik, dengan miktorik semua bisa
diatur dengan mudah. Koneksi internet kamu dijamin akan selalu stabil,
biarpun ada yang download . Saya menggunakan jasa orang lain untuk
mensetting mikrotik ini,   langsung dengan orangnya disini (www.jasasetting.com)
. Settingnnya perfect dan bisa diremote dari jauh, jangan takut buat
yang tinggal di luar kota. Penggunaan tambahan proxy ubuntu akan lebih
baik, membuat koneksi internet kamu jauh lebih cepat.




6. Listrik


Faktor terakhir yang akan saya bahas , akan tetapi juga amat sangat
penting dan saya sempat kecolongan dengan hal ini, yaitu listrik.
Seberapa besar daya yang anda butuhkan untuk warnet kamu ? berikut akan
saya jelaskan sesuai dengan pengalaman saya.



gambaran konsumsi 1 pc + 1 lcd  = 110-120 watt




- untuk warnet dengan 10 pc : listrik dengan daya 2200 sudah cukup, plus kulkas tapi tidak dengan AC.



- untuk warnet dengan 20 pc : listrik dengan daya 3300 watt cukup, kulkas tapi non AC.



saran saya, sebelum penginstalan jaringan listrik kewarnet kamu cari
orang pln/petugas pln untuk mengecek tegangan listrik ke warnet kamu
sudah pas/stabil atau belum. Pengalaman saya, ternyata selama 2 tahun
menggunakan jalur/line listrik dari tiang dengan daya dibawah 190volt.
Setelah di ganti jalur dari tiang, cari tegangan diatas 220 volt,
akhirnya listrik stabil sampai dengan sekarang.




demikian ke 6 faktor yang penting untuk anda cermati sebelum membuka sebuah usaha warnet/game center.