Memahami apa itu format file



Buat yang baru belajar komputer, penting untuk mengetahui dasar pengertian format file, saya akan coba jelaskan pengertian dasar format file. Data - data yang terdapat pada komputer mempunyai format yang berbeda beda, lalu apa fungsi format file ini? fungsi format file ini adalah untuk membedakan atau memberitahu komputer dengan software apa file tersebut harus dibuka atau harus bagai mana komputer meng eksekusi data tersebut.

Misalkan untuk file ketikan atau file text, yang biasanya berisikan tugas - tugas sekolah atau skripsi mahasiswa, file ini biasanya dalam bentuk .doc .docx atau mungkin .txt, file dengan format ini biasanya dibuka dengan software microsoft office atau open office atau program sejenisnya.

Pada dasarnya format file ini secara otomatis ditentukan oleh software yang membentuk file tersebut yaitu ketika kita menyimpanya dengan cara mengeklik file >> save kemudian kita biasanya diminta untuk memberikan nama pada file tersebut.Pada kotak atas kita diminta mengetikkan nama dan pada bagian bawah kita diminta memilih ekstensi file (biasanya sudah tersetel secara otomatis) untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini

File extension basic understanding by http://sbatangrokok.blogspot.com


















Jadi berdasarkan fungsinya ekstensi bisa berarti, kode program untuk memberitahukan kepada komputer dengan program / software apa sebuah data harus di tampilkan.

Demikian sekilas pengertian ekstensi file pada perkomputeran semoga bermanfaat.