dasar membuat bot bawel di mirc

Buat kamu yang suka bermain di mirc gini nie gwa ada tips kecil untuk membuat sbuah bot bawel ehehehe....,apaitu bot bawel? begh masa gitu aja ndatau?itu tue yang biasa nyolot kalo kita pas lagi ngetik atau pas kita lagi masuk kesebuah room tiba tiba ada yang berkata "ih kamu keren banget deh",itulah yang disebut dengan bot bawel sesuai dengan namanya bot ini lumayan bawel.ato tergantung sang pembuatnya kalo yang ngebuat iseng abis dijamin nie bot bakal bawel banget.

Ok next langsung ke intinya,sebelum belajar bot bawel kamu harus punya mirc dulu tentunya n juga harus terhubung ke internet pastinya,buka mirc kamu kemudian masuk ke sebuah room, setelah berhasil masuk ke room soba kamu tekan tombol alt+r di keyboard kamu,nanti akan keluar jendela,kenapa jendela soalnya kalo dimasukin sampe rumah - rumah nya nda muat :D.

Di jendela inilah nanti kita akan mengetikkan sebaris kata halah,maksud saya adalah sebaris script eh bukan sebaris sie yaa lebi lebi dikit lah.jendela ini bernama Remote.

Dalam membuat bot bawel kita akan bermain - main dengan event apa itu event? yang pasti bukan event parti atau event hari kemerdekaan atau semacamnya.disini yang akan kita gunakan adalah event ketika seseorang masuk room : disebut event on join, ketika seseorang mengetikkan sebuah kalimat atau kata : disebut event on text, dan masih ada beberapa event yang lainya.

OK yang pertama saya coba paparkan adalah event on join jadi ketika ada oang yang masuk ke chanel akan seacara otomatis disambut oleh bot bawel yang akan kita buat scriptnya adalah sebagai berikut :

on *:JOIN:#:
{

msg $chan WELLCOME $nick mau sebungkus djarum black?

}


letakkan script tersebut di remote dengan cara yang sudah saya sebutkan tadi yaitu tekan alt+r pada keyboard kemudian pastekan.

script diatas kirakira hasilnya akan seperti dibawah ini

< nick_bot_kamu > WELLCOME nick_pengunjung mau sebungkus djarum black?

Event berikutnya adalah event on text seperti yang sudah saya sebutkan di atas, event ini akan meresponse setiap text yang di ketikkan oleh seseorang di chanel.

berikut contoh script nya :

on *:TEXT:halo:#: {
msg $chan halo $nick Wellcome to Black Community
}

nah script diatas akan merespons ketika seseorang berkata halo berikut hasilnya :

< nick_pengunjung > halo
< nick_bot_kamu > halo nick_pengunjung wellcome to Black Community

Nah demikianlah dasar pembuatan bot bawel di mirc semoga bermanfaat
oh iya ini untuk kamu kamu yang belom tau apa itu bot, bot adalah singkatan dari robot, kira kira begitu :D.

notes : bot tidak akan menjawab jika kamu sendiri yang mengetikkan atau memicu supaya mendapat jawaban jadi jika ingin mengetahui hasilnya minta seorang teman untuk memicu bot nya